Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Selamat siang, saya ingin menanyakan mengenai persoalan warisan dan amnesti pajak.Orangtua saya meninggal tahun 2015 dan meninggalkan warisan sejumlah uang dan rumah untuk saya dan saudara saya. Proses surat-surat waris dan balik nama baru selesai tahun ini. Saya belum melaporkan harta warisan ini di tahun 2015.Apakah saya harus mengikuti amnesti pajak atau cukup menambahkan uang tunai dan rumah di kolom warisan/hibah untuk pelaporan pajak 2016? Saya mempunyai surat dari notaris yang menyatakan harta itu baru saya terima tahun ini. Terimakasih

Comments ( 2 )

  1. August 12, 2016 at 5:13 am

    Warisan menurut perpajakan Indonesia

  2. naufalaziz
    August 12, 2016 at 7:57 am

    Salaam, jadi proses peralihan warisnya juga baru terjadi di tahun 2016 ya rekan…
    artinya ia menjadi objek pelaporan SPT Tahunan Anda untuk tahun pajak 2016 yang baru akan Anda laporkan s.d. akhir maret 2017 nanti.

    Menilik perolehan harta tersebut adalah waris dari keluarga sedarah garis keturunan satu derajat ke bawah, maka atas perolehan harta tersebut bukan merupakan objek pajak.

    So, saran saya silahkan laporkan saja seperti biasa (tanpa melalui program amnesti pajak) di SPT PPh Tahunan 2016, yang akan anda laporkan tahun depan.

    Demikian rekan, semoga membantu.

Leave a reply