Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Dear Admin (Bpk/ Ibu),
Saya minta tolong untuk kasus pengenaan PTKP di perusahaan/ pabrik saya.
Ada 4 orang worker kami (buruh wanita) yg sudah cerai (2 cerai mati, 2 cerai hidup) dan itu terjadi di tahun 2013. Namun 4 orang ini baru saja melaporkan perubahan status mereka tsb ke HRD kami pada tgl 25 Maret 2014 kemarin. Dulukan PTKP mereka TK/0. Tapi sekarang mereka maunya agar PTKP mereka menjadi K/2 (anak mereka 2 orang). Setahu kami pengenaan PTKP baru menjadi TK/2 dapat dilakukan apabila mereka melaporkan ke HRD maksimal tgl 31 Jan’14. Namun mereka baru melaporkannya tgl 25 Mar’14.
Pertanyaan kami, apakah PTKP mereka dapat diubah mengikuti aktual status mereka yg sekarang, yakni TK/2 untuk tahun 2014 berjalan ini?
Prosedurnya bagaimana Pak/ Bu?
Kalau memang tdk bisa, mohon diberikan dasar hukum/ peraturannya ya, agar bisa kami sosialisasikan ke karyawan dan ditempel di papan pengumuman.
Terima kasih banyak atas jawaban Bpk/ Ibu sekalian.

Comments ( 2 )

  1. naufalaziz
    March 27, 2014 at 1:02 am

    Sesuai dengan Ketentuan dalam UU PPh Pasal 7 ayat (2) disebutkan bahwa “Penerapan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)–ketentuan PTKP– ditentukan oleh keadaan pada awal tahun pajak atau awal bagian tahun pajak”.

    Jadi, jika kondisi yang menentukan PTKP riil WP tersebut baru dilaporkan/diketahui setelah awal masa pajak (Januari) lewat, maka kondisi tersebut baru berlaku untuk penetapan PTKP tahun pajak berikutnya.

    • March 27, 2014 at 2:25 am

      Terima kasih Bpk/ Ibu Naufalazis. Bila ada pertanyaan lain yg ingin saya ajukan, mohon kesediaan Bpk/ Ibu bersedia lagi untuk menjawabnya 🙂 Terima kasih

Leave a reply