Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    October 13, 2016 at 6:37 am

    dalam hal pelaku jasa tersebut adalah orang pribadi dan ketika bertransaksi dengan pemotong pajak (misalkan, badan hukum PT/CV), maka pengguna jasa wajib memotong PPh 21, atau
    dalam hal pelaku jasa tersebut adalah badan hukum (CV/PT) dan ketika bertransaksi dengan pemotong pajak (misalkan, badan hukum PT/CV), maka pengguna jasa wajib memotong PPh 23.
    Namun demikian, jika konsumennya adalah orang pribadi yang bukan wajib pajak pemotong, maka tidak ada pemotongan pajak atas transaksi tersebut, namun tetap wajib diperhitungkan dalam perhitungan PPh tahunan.

    Jika atas usaha jasa percetakan tersebut termasuk dalam UMKM menurut ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 46 tahun 2013, seharusnya pengenaan PPh bersifat final (disetor sendiri) dengan tarif sebesar 1% dari omset bruto setiap bulannya. Dengan ketentuan omset bruto atas usaha UMKM tersebut tidak lebih dari 4,8 Milyar dalam satu tahun.
    Dalam hal terpenuhi ketentuan demikian, maka semestinya wajib pajak tidak perlu dilakukan pemotongan sebagaimana kami telah jelaskan di awal, dengan syarat mengajukan permohonan Surat Keterangan Bebas ke KPP tempat wajib pajak terdaftar.

Leave a reply