Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Saya baru saja membuka usaha mainan anak bekerja sama dgn salah satu mall di bandung,
Yg mau saya tanyakan apakah saya kena PB1 atau pihak mallnya? Krn saya sendiri otomatis kena PPH
Mohon informasinya, krn dari pihak mall mengehendaki saya yg membayar PB1 dan melaporkan ke mall tiap bulan.
Terima kasih atas informasinya

Comment ( 1 )

  1. December 18, 2017 at 9:02 am

    usaha yang Anda jalankan merupakan objek pajak pusat (PPh, PPN) beda halnya jika Anda menjalankan usaha yang merupakan objek PB (sebagai contoh restoran). Meski demikian bukan tidak mungkin terkait usaha yang Anda jalankan muncul objek pengenaan PB, misal Anda memasang reklame atau baliho terkait promo usaha Anda…
    ___
    Pun demikian sebagian penghasilan mal tempat Anda melakukan usaha merupakan objek pengenaan pajak pusat, dan sangat mungkin sebagian transaksi mereka lainnya merupakan objek PB.
    ___
    Kewajiban Anda saya rasa sudah cukup jelas, tertera dalam Surat Keterangan Terdaftar (surat yang terbit saat Anda mendaftarkan diri untuk ber-NPWP). Namun demikian jika Anda membutuhkan keterangan lebih jelas perihal mekanisme pemenuhan kewajiban Anda, Anda bisa tanyakan kembali melalui halaman tanyajawab ini atau hadir ke KPP tempat Anda terdaftar untuk mengkonsultasikannya dengan petugas konsultasi bernama Account Representative yang akan membimbing Anda memenuhi kewajiban perpajakan sesuai ketentuan berlaku.

Leave a reply