Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Transaksi dengan bendaharawan beda provinsi

selamat siang, saya ingin bertanya jika pkp yang berdomisili di jakarta menerima order dari bendaharawan di papua yang proses pekerjaannya BLU jadi pembayarannya tidak melalui KPPN apakah pelaporan dan pembayaran PPH 22 dan PPN ditanggung dan di laporkan oleh PKP ? karena PKP ini diminta untuk menyetor dan membayar pajak tersebut sendiri oleh bendaharawan, apakah proses tersebut benar ?

Comment ( 1 )

  1. September 14, 2017 at 6:17 am

    Proses yang benar adalah Pihak Bendaharawan menerbitkan Bukti Potong PPh 22 serta melaporkan pemotongan PPh 22 tersebut dalam SPT PPh 22 yang menjadi kewajibannya, sementara untuk masalah penyetoran PPh 22 sebenarnya siapa saja bisa menyetorkannya, termasuk jika PKP rekanan diminta untuk menyetorkannya sekaligus.
    ___
    Dan untuk kewajiban PPN, kewajiban PKP rekanan menerbitkan faktur pajak serta melaporkan dalam SPT PPN-nya atas transaksi (faktur pajak tersebut). Karena bertransaksi dengan bendaharawan yang juga berkedudukan sebagai pihak wajib pungut maka semestinya, penyetoran PPN dilakukan oleh Bendaharawan dengan menggunakan NPWP PKP rekanan. Namun demikian, jika PKP rekananan diminta untuk menyetorkan kewajiban PPN tersebut sekaligus, silahkan saja.

Leave a reply