Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Dear kawan2 mohon pencerahan nya. Saya punya deposito dan tabungan yang belum dilaporkan pada SPT saya.
Apakah saya harus ikut tax amnesty atau cukup pembetulan SPT saja?

Comments ( 4 )

  1. December 19, 2016 at 6:28 am

    Jika menggunakan kata “harus”, kita lihat dulu asal deposito tersebut, jika terkait/atau sumbernya berasal dari penghasilan yang perolehannya telah dikenakan pajak (misal pemotongan PPh 21 atas gaji sebagai karyawan) maka jawaban kami adalah cukup dengan pembetulan.
    ___
    Namun jika sumber penghasilan terkait deposito tersebut adalah sumber penghasilan yang belum dikenakan pajak (misal dari aktivitas bisnis/pekerjaan bebas yang rekan jalankan) maka saran kami silahkan ungkap melalui tax amnesty.

    • December 22, 2016 at 12:07 am

      Terimakasih pak atas jawabannya.

      Sumber dananya adalah hibah dari orang tua saya, diberikan sebelum mereka meninggal. Apakah hibah semacam ini juga termasuk objek tax amnesty?

      Dan seandainya hasil dari bunga pajak deposito saya tersebut selama setahun (setelah dipotong pajak atas bunga deposito) melebihi PTKP, apakah saya seharusnya membayar PPh lagi?

      Mohon pencerahannya rekan2, maklum newbie soal pajak…

      Terimakasih…

    • December 22, 2016 at 12:44 am

      setau saya hibah sedarah yang diterima oleh (keturunan) garis lurus ke bawah bukan merupakan objek pajak, jadi sebenarnya dengan pembetulan saja cukup.
      atas bunga deposito yang rekan terima serta PPh final yang telah dikenakan atas hibah tersebut wajib rekan laporkan dalam SPT Tahunan saudara.
      ___
      Meski jumlahnya telah melebihi batas PTKP ia tidak akan dipajaki lagi, karena telah dilakukan pemotongan PPh yang bersifat final oleh pihak bank saat Anda menerima penghasilan bunga deposito tersebut (sekallipun jumlahnya melebihi PTKP)

    • December 23, 2016 at 2:57 am

      Terimakasih pak atas penjelasannya.

Leave a reply