Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Perusahaan saya adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan aksesoris mobil dan dinyatakan sebagai PKP per 24 Agustus 2015.
Pertanyaannya :
1. Setelah saya membaca surat SPPKP disana tertulis klasifikasi usaha : penjualan Sepeda Motor beserta aksesorisnya. Apakah SPPKP ini nantinya tidak bermasalah dikemudian hari dimana klasifikasi usaha kami berdasarkan surata SPPKP berbeda dengan penjualan kami yaitu aksesoris mobil.
2. Sebagai PKP kami berkewajiban untuk menarik PPN dari pelanggan. Tapi ada pelanggan ada yang tidak mau bayar PPN. Jika kami tidak melakukan penarikan PPN bagaimana nanti kebelakangnya? Apakah akan menjadi masalah?

Comment ( 1 )

  1. September 16, 2015 at 1:15 am

    SPPKP –> …beserta aksesorisnya. Menurut saya tidak ada masalah rekan, KLU ini yang mereka tetapkan karena memang tidak ditemui KLU (Kode Lapangan Usaha) yang hanya menyebut “penjualan aksesoris mobil” saja rekan, jadilah ditetapkan KLU yang paling mendekati.

    Ketika telah dikukuhkan sebagai PKP seluruh penyerahan yang Anda lakukan wajib disertai dengan penerbitan Faktur Pajak (PPN) artinya Anda wajib memungut PPN atas penjualan yang anda lakukan, mekanisme silahkan menggunakan perhitungan “Harga Jual+10%” atau “Harga Jual sudah termasuk PPN”.

    Karena sifat PPN ini tanggung renteng, jika Anda tidak memungut PPN atas penjualan yang Anda lakukan maka kekurangan atas pemungutan yang terjadi pada penyerahan Anda akan ditanggungkan/ditagihkan pada Anda.

    Demikian, semoga membantu. Jika ada yang hendak menambahkan silahkan.

Leave a reply