Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

selamat sore, saya ingin bertanya dulu saya dlm pembayaran SPT semua sudah di urus oleh perusahaan, setelah itu saya resign dan pindah di perusahaan lain sbg karyawan harian. di perusahaan baru tsb tidak ada kebijakan seperti perusahaan lama karena saya karyawan harian, dan saya sudah terlambat 3 thn tdk melakukan pembayaran, bagaimana ya?

Comment ( 1 )

  1. June 23, 2016 at 2:57 am

    Mungkin maksud rekan terkait kewajiban Pelaporan SPT tahunan ya…
    yang benar justru pemenuhan kewajiban tersebut (pelaporan) dilakukan secara mandiri oleh karyawan.

    Perihal penyetoran memang benar jika si karyawan menerima penghasilan dengan jumlah telah melebihi batasan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) maka perusahaan tempat yang bersangkutan kerja wajib melalukan pemotongan dan menyetorkannya. (PTKP yang berlaku saat ini adalah 36juta/tahun atau 3juta/bulan untuk karyawan dengan status bujangan).

    Walau bekerja sebagai pegawai harian, perusahaan tempat Anda bekerja, sesuai ketentuan tetap wajib melakukan pemotongan dan menyetorkan ketika jumlah penghasilan pegawainya telah melebihi PTKP (tanpa membedakan antara karyawan tetap atau kontrak atau sebagainya).

    Meski sudah terlambat sampai 3 tahun, saya tetap menyarankan bagi rekan untuk tetap melaporakan kewajiban rekan tersebut. Jika rekan butuh bantuan lebih jauh, silahkan kunjungi Kantor Pelayanan Pajak tempat rekan terdaftar dan silahkan temui petugas Account Representative di kantor tersebut untuk membantu rekan menunaikan kewajiban pajak rekan.

    Demikian saran dari saya, semoga membantu.

Leave a reply