Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Tax amnesty WNI yang saat ini tinggal di luar negeri

Selamat siang. Mohon pencerahan. Kira-kira pada tahun 2008 saya membuat NPWP, tapi saya belum pernah melakukan laporan SPT tahunan sekalipun hingga saat ini. Hingga tahun 2008 saya bekerja sebagai guru SMA honorer. Kemudian tahun 2009 saya menikah dengan WNA dan tinggal di Jepang hingga saat ini. Saya memiliki uang deposito di Indonesia senilai 150 jutaan. Apakah saya harus ikut tax amnesty? Jika ya, bagaimana cara pengurusannya karena saya berada di Luar negeri sekarang. Terima kasih.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    October 5, 2016 at 1:58 am

    Untuk dapat mengikuti TA, namun terdapat hambatan ruang dan waktu seperti yang ibu alami, bisa saja ibu menempuh jalan melalui kuasa (surat kuasa) untuk menyampaikan Surat Pernyataan Harta (permohonan TA) melalui kerabat/kolega Ibu di Indonesia.

    sesuai ketentuan UU TA, permohonan TA atas nama orang pribadi tetap wajib ditandatangani oleh orang pribadi pemohon TA (dokumen tetap Anda buat dari Jepang), namun terkait penyampaiannya dimungkinkan melalui mekanisme surat kuasa (dokumen dikirimkan kepada kuasa untuk disampaikan, telah disertai dengan surat kuasa yang Anda buat). Untuk selanjutnya disampaikan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar di Indonesia

Leave a reply