{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Tax amnesty untuk harta atas nama istri

saya ingin bertanya seputar pengampunan pajak.
Ayah saya memiliki NPWP sedangkan ibu saya tidak. Harta yang dimiliki oleh orang tua saya adalah harta bersama yang dikumpulkan sejak menikah. Mereka tidak membuat perjanjian pisah harta. Namun ada harta yang atas nama ayah dan ada juga yang atas nama ibu. Harta atas nama ibu adalah pemberian dari ayah saya, berupa uang tabungan dan juga ruko.
Ayah seorang wiraswata, berjualan mebel dan ibu adalah ibu rumah tangga yang juga membantu ayah berjualan. Ayah mengisi SPT setiap tahun, tapi hanya mengisi dan membayarkan pajak atas harta namanya saja, sedangkan harta atas nama ibu tidak dimasukkan dalam SPT. Jadi ibu saya tidak pernah membayar pajak atas harta namanya.
Yang ingin saya tanyakan adalah apakah ibu saya harus membuat NPWP sendiri untuk bisa ikut tax amnesty? Atau tidak perlu membuat NPWP dan bisa ikut NPWP suami.
Terima kasih.

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


2 Answers

Salaam,
sistem perpajakan di Indonesia menganut prinsip family entity dalam pelaksanaan kewajiban pajak, kecuali antara suami-istri terdapat perjanjian pisah harta dan pernyataan tertulis dari Istri untuk memenuhi kewajiban pajak terpisah dari suami.
Dalam kasus yang Ibu sebut, sudah seharusnya pelaporan harta serta kewajiban istri tersebut digabung dalam pelaporan SPT suami, termasuk penghasilan anak yang belum dewasa yang masih menjadi tanggungan orang tua (jika Ada). Perihal harta atas nama siapapun tidak masalah, sepanjang secara de facto menjadi hak keluarga tersebut.

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


ya rekan, atas tabungan tersebut jika sebelumnya belum pernah dilaporkan bisa menjadi objek TA, dan untuk ikut TA dalam kasus Anda harus mendaftarkan diri untuk ber-NPWP terlebih dahulu

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up

Search

Ads

tepung pizza instan dan sehat

Jawaban Terbaru

Sponsors