{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Tax Amnesty Penghasilan Tambahan

Pagi pak.
Saya mau bertanya saya karyawan swasta yang gajinya dilaporkan UMP. Tapi sebenarnya saya memperoleh penghasilan lain dari bisnis online dan ada juga dari jasa pembuatan program. Untuk laporan di SPT selama ini, saya hanya melaporkan harta yang hanya diperoleh dari gaji tapi tidak dari pendapatan penghasilan tambahan lainnya, yang mana pendapatan tambahan itu uangnya saya depositokan dan ada juga dalam bentuk emas. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Jika saya mengikuti TA, maka apakah yang saya laporkan itu selisih harta di SPT yg sudah saya laporkan dengan yg pendapatan tambahan yg blm saya laporkan?
2. Saya mendapat informasi jika karyawan yg penghasilan di bawah PTKP 54 juta/thn tidak perlu ikut TA. Jadi apakah saya hanya perlu ikut pembetulan SPT saja?
3. Untuk deposito dari pihak bank sudah ada biaya pajak, apakah itu harus dilaporkan dan saya harus membayar 2% dari deposito itu lagi pak? Dan untuk harga emas itu bagaimana perhitungannya ya pak?

Mohon bimbingannya. Terima kasih.

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


1 Answer

Salaam,
jawaban no.1 dalam formulir Surat Pernyataan Harta (form Tax Amnesty), anda akan diminta mengisikan daftar harta yang telah dilaporkan di SPT serta daftar daftar harta yang baru diungkap. Sementara dasar perhitungan uang tebusannya akan dihitung dari nilai harta yang baru diungkap tersebut.

Jawaban no.2 rekan bisa baca pada posinting kami berkut:
http://blog.tanyajawabpajak.com/2016/08/subjek-pajak-luar-negeri-atau.html
TA atau pembetulan SPT memang pilihan, masing2 ada manfaat serta kekurangannya.

uang tebusan dalam TA bukanlah pengganti pajak, jadi dengan ikut TA bukan berarti Anda bayar pajak dua kali (double taxation)

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up