Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

tax amnesty

selamat siang, saya dan adik-adik saya dapat warisan rumah dari kakek saya. saya sudah punya npwp dan adik2 saya belum karena masih kuliah dan masih SMP. rumah tsb belum masuk di SPT kakek saya, dan kakek saya sudah meninggal. dan bagaimana cara untuk mengikutkn TA untuk warisan adik saya? karena NPWP kakek saya rencana mau saya hapus tetapi ada syarat dokumen ahli waris kpd siapa saja. mohon bantuan nya. terimakasih

Comment ( 1 )

  1. January 29, 2017 at 5:01 am

    Terkait dokumen waris (akta waris dan sejenisnya) bisa rekan selesaikan secara perdata terlebih dahulu melalui notaris, setelahnya bisa rekan lanjut denga penghapusan NPWP almarhum.
    ___
    Dalam hal penerima waris adalah Anda yang ber-NPWP maka sebenarnya Anda cukup kemudian melaporkan dalam SPT Tahunan Anda atas perolehan waris tersebut, tanpa permohonan TA.
    Untuk Saudara2 Anda yang belum ber-NPWP karena belum bekerja (berpenghasilan) sehingga belum ada kewajiban untuk mendaftarkan diri terdaftar sebagai wajib pajak, maka tentu belum ada kewajiban pelaporan pajak, apalagi untuk pengajuan Tax Amnesty.
    ___
    Meski demikian, jika Anda beritikad mengikutsertakan perolehan harta waris tersebut sebagai objek permohonanan TA, maka Anda bisa saja mengajukannya menggunakan NPWP Anda, namun hanya sebagas atas perolehan harta waris yang menjadi hak Anda.

Leave a reply