{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Tax Amnesty

DH Bapak/Ibu,
Saya adalah karyawan sebuah perusahaan yang setiap tahun rutin melakukan Laporan SPT Tahunan.
Permasalahan saya adalah :
Saya belum mencantumkan rumah yang kami tempati sekarang, karena selama ini beranggapan rumah tersebut atas nama suami (tidak punya npwp karena tidak bekerja), jd tidak ikut dilaporkan dalam harta(bukan karena kesengajaan tidak dilaporkan), dokumen kepemilikan rumah tsb lengkap seperti akte jual beli dan bukti pembayaran PBB tiap tahunnya.
Yang ingin saya tanyakan adalah :
Apakah untuk melaporkan rumah tsb saya harus ikut TA? atau pembetulan laporan SPT saja? kerena terus terang kami tidak mempunyai dana untuk membayar tebusan 2% dari harga wajar rumah tsb.
Atas bantuan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


2 Answers

karena suami blm punya npwp, jadi tidak perlu ikut tax amnesty. harta suami tidak bisa di gabungkan ke NPWP istri. jadi saudari lapor seperti biasa saja, klo mau laporkan rumah, suami harus buat npwp dulu.

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


Selamat siang Ibu,
patut diketahui bahwa perlakuan subjek pajak di sistem perpajakan Indonesia menerapkan model family entity, idealnya memang kepala rumah tanggalah yang ber-NPWP mewakili keluarganya. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika ternyata istri yang ber-NPWP mewakili suami dan keluarga. Misalkan karena suami tidak bekerja dan tidak berpenghasilan, bahkan dalam kondisi demikian, status menikah Ibu dan keberadaan tanggungan suami tidak berpenghasilan tersebut bisa diperhitungkan dalam PTKP yang menjadi hak pengurang dalam perhitungan PPh Ibu.

Pun demikian terkait perlakuan harta, sepanjang ada harta yang belum dilaporkan dalam SPT, sepanjang harta tersebut milik keluarga inti (a.n. suami atau anak misalkan), silahkan laporkan dalam SPT Tahunan Ibu (melalui mekanisme) pembetulan SPT atau melalui pengungkapan Tax Amnesty.

Sekalil lagi saya nyatakan bahwa Tax Amnesty adalah pilihan, alternatif lainnya ya pembetulan SPT.

Dalam hal ibu tidak memilih jalur TA maka Ibu tidak mendapatkan manfaat TA, dan ketika ibu memilih pembetulan SPT maka kita juga harus siap menjelaskan ketika ada permintaan klarifikasi dari fiskus terkait perolehan harta tersebut misalkan.

Demikian bu, semoga membawa pencerahan

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up

Search

Ads

tepung pizza instan dan sehat

Sponsors