Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

UMKM ADA PENGHASILAN LAIN DILAPORAN SPY 2015 DAN TARIF TAX AMNESTY

Saya usaha toko bangunan dengan peredaran usaha kurang dari Rp 4,8 m setahun.
Sudah melapor SPT tahun 2015 dan juga rutin setor pph final 1% tahun 2015 dan tahun 2016. Sesuai ketentuan TA kriteria saya termasuk UMKM dengan total harta < 10 m , bila ikut TA kena tarif 0,5 %.
Bila di SPT form 1770 I kolom D tertera penghasilan dalam negeri lainnya berupa pendapatan lain Rp 20.000,000.
Semua penghasilan lain ini sama sekali sebenarnya tidak terkait penhasilan karena adanya hubungan kerja contoh dari gaji atau pekerjaan bebas seperti dokter, notaris, arsitek dan pengacara.
Bagaimana bila saya untuk pakai tarif tebusan UMKM 0,5 % atas Surat pernyataan harta bila mengikuti Tax Amnesty, langsung bayar uang tebusan dan masukkan SPH ?.

Karena cerita teman kalau UMKM itu penghasilan semata-mata hanya dari penghasilan usaha dan tidak menerima penghasilan lain.
Terima kasih.

Comments ( 2 )

  1. September 9, 2016 at 2:52 pm

    Kuncinya adalah di penghasilan lain tersebut, jika penghasilan lain tersebut Anda peroleh dari penghasilan atas hubungan kerja, memang kemudian hal tersebutlah yang menjadi sebab wajib pajak tidak bisa dikategorikan ke dalam ketentuan tarif UMKM dalam tax amnesty. Namun bila penghasilan lain yang Anda maksud Anda peroleh dari bunga deposito, hibah, hadiah atau sewa misalkan…maka hal tersebut tidak menyebabkan Anda dikecualikan dari kriteria UMKM (seusai omset usaha Anda yang memang masih di bawah 4,8M)

    Demikian rekan.

  2. September 10, 2016 at 6:01 am

    Terima kasih rekan Agung atas penjelasannya.

Leave a reply