Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya mau bertanya, saya seorang frelanch teknisi komputer., namu akhir” ini saya dapat client sekolah negero, ada beberapa kasus sekolah membeli barang,trus pembeli ngotot pake pajak ppn..apakah boleh pajak di bayar si pembeli langsung, tanpa melibatkan penjual..mengingat saya tidak memiliki CV atau badan usaha..hanya bermodal NPWP pribadi…mohon info’nya. Terimakasih

Comments ( 4 )

  1. March 19, 2015 at 2:36 pm

    sebagai freelancher teknisi komputer, kewajiban pajak anda adalah penghasilan anda dipotong PPh 21 yang mgkn bisa menjadi sebagai tenaga ahli atau bukan karyawan ditempat klien anda. Apabila anda mengupayakan perangkat yang nantinya diperuntukkan kepada sekolah tersebut maka anda tidak bisa melakukan pemungutan PPN karena yang boleh melakukan pemungutan PPN adalah PKP (Pengusaha Kena Pajak) yang keabsahannya ditentukan dengan Surat Pemberitahuan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP). Jadi kesimpulannya sampaikan kalau anda bukan PKP.

  2. March 19, 2015 at 2:37 pm

    sebagai freelancher teknisi komputer, kewajiban pajak anda adalah penghasilan anda dipotong PPh 21 yang mgkn bisa menjadi sebagai tenaga ahli atau bukan karyawan ditempat klien anda. Apabila anda mengupayakan perangkat yang nantinya diperuntukkan kepada sekolah tersebut maka anda tidak bisa melakukan pemungutan PPN karena yang boleh melakukan pemungutan PPN adalah PKP (Pengusaha Kena Pajak) yang keabsahannya ditentukan dengan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP). Jadi kesimpulannya sampaikan kalau anda bukan PKP.

  3. March 19, 2015 at 4:40 pm

    Terima Kasih atas penjelasannya…berarti kalau pembeli tetap meminta ppn, saya tidak bisa menjual barang sama pembeli ini ya? saya awam masalah pajak.

    • March 19, 2015 at 4:42 pm

      Bagaimana solusi untuk mengatasi masalah ini, agar saya dan pembeli tidak mengalami masalah tentang administrasi nya..tks

Leave a reply