Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Suami tidak berpenghasilan apakah istri harus bayar pajak

Thanks untuk kesempatan bertanya admin. Saya mau tanya terkait tax amnesty. Bila status suami tidak bekerja dan istri yang bekerja namun dengan penghasilan tidak tetap apakah istri harus membayar pajak dan berapa besarnya. Tidak ada perjanjian harta terpisah untuk statusnya. Lalu apa saja yg harus dilaporkan? Bila memiliki cicilan yang belum diselesaikan apakah itu dipotongkan terhadap harta yg dimiliki? Status NPWP suami kebetulan memang tidak aktif. Nohon pencerahan dan stepnya. Terimakasih.

Comments ( 4 )

  1. August 29, 2016 at 1:50 pm

    ketika istri bekerja, sementara suami tidak berpenghasilan, maka kondisi terbalik atas suami bisa menjadi penambah tanggungan dalam PTKP Istri.
    Adapun harta yang belum diungkap dalam SPT yang telah dilaporkan sebelumnya, dan saat ini hendak diungkapkan melalui tax amnesty maka bisa dilakukan menggunakan NPWP istri.
    ___
    Keberadaan hutang terakit perolehan harta bisa menjadi pengurang terhadap nilai harta, untuk menghitung nilai bersih harta sebagai dasar perhitungan uang tebusan tax amnesty
    ___
    Perihal perhitungan besaran pajak bergantung pada besaran penghasilan Anda, PTKP saat ini adalah sebesar 54juta pertahun untuk diri Wajib Pajak sendiri, ketika berstatus kawin maka anda berhak mendapat tambahan 4.5juta/tahun. Misal saja, PTKP bagai Anda dan suami yang tidak bekerja maka besarnya PTKP adalah sebesar 58.5jt/tahun.
    ___
    Selisih lebih penghasilan di atas batas PTKP itulah yang akan dikenakan pajak.
    Sayangnya Ibu tidak menyebutkan spesifik pekerjaan Ibu apa. Jika sebagai karyawan, semestinya penghasilan Ibu telah dipotong pajak oleh pemberi kerja. Akan beda cerita jika Ibu menjalankan usaha mandiri.
    ___
    Demikian, semoga membantu

  2. August 30, 2016 at 12:10 am

    Sebelumnya terimakasih atas jawabannya Pak/ Bu. Mungkin penjelasannya lebih singkat seperti ini. Suami memiliki NPWP non aktif dan kemarin saya sempat ingin mengajukan NPWP namun ditolak karena memang kami tidak ada pemisahan harta antara suami dan istri. Lalu, status suami sendiri memang belum bekerja sejak saat dia menikah. Kemudian, sebagai istri memang saya bekerja. Untuk jenis pekerjaannya sendiri saya melakukan usaha serabutan dagang apa saja Pak/ Bu. Nah, bila saya harus mengajukan tax amnesty apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu ya? Lalu untuk yang dimaksud dengan PTKP tersebut apa bila saya boleh tau untuk semaikin memudahkan mengerti penjelasannya.

    Big thanks.

  3. naufalaziz
    August 30, 2016 at 1:09 am

    Bisa dengan mengajukan permohonan pengaktifan NPWP suami dulu bu…
    selanjutnya bisa diajukan permohonan TA tersebut. Untuk selanjutnya pelaksanaan kewajiban pajak atas usaha yang Ibu jalankan tetap menggunakan NPWP suami yang telah diaktifkan kembali tersebut.
    __
    Karena perlakuan subjek pajak Indonesia adalah family entity maka, sekalipun yang berpenghasilan Ibu, tetap nanti pelaporan kewajiban pajak ibu tersebut menggunakan sarana NPWP suami.
    __
    Demikian bu.

  4. August 30, 2016 at 1:10 am

    Baiklah kalau begitu. Terimakasih banyak atas pencerahan yang telah diberikan. Selamat pagi selamat beraktifitas 🙂

Leave a reply