Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Dear admin,Saya mau bertanya, saya membuat NPWP pada bulan juni 2012, kemudian saya pindah kerja pada bulan januari 2013 dan dikantor saya yang baru itu tidak membayarkan pajak penghasilan karyawannya termasuk saya. sekarang perusahaan tersebut juga sudah tutup dan saya sudah pindah ke kantor saya yang baru pada 1 februari 2014. Saat bulan maret waktunya laporan SPT, saat pengecekan ternyata NPWP saya sudah tidak terdaftar. Bagaimana solusi untuk masalah tersebut?.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    March 25, 2014 at 9:17 am

    Dalam kasus ternyata NPWP Ibu belum terdaftar (dan hal ini sudah dipastikan ke Kantor Pelayanan Pajak) maka sebenarnya tidak ada kewajiban pelaporan atas diri Ibu. Meskipun demikian, saya sangat menghargai itikat baik Ibu untuk tetap lapor SPT Tahunan, dalam kondisi demikian, Ibu bisa temui Account Representative di tempat Ibu terdaftar dan konsultasikan terkait hal ini. Alternatif yang mungkin mereka ambil adalah mereka akan menelusiri keterdaftaran Ibu terdahulu (di tahun 2012) untuk kemudian mengaktifkan NPWP Ibu di sistem mereka atau rekomendasi kepada Ibu untuk mendaftarkan NPWP baru.

    Sementara untuk hal dimana Perusahaan Ibu tidak melakukan dan menerbitkan bukti potong PPh 21, maka terkait pelaporan Ibu menggunakan formulir 1770 dan Ibu diwajibkan untuk membuat daftar penerimaan penghasilan bruto Jan-Des sebagai ‘modal’ awal penghitungan, penyetoran dan pelaporan kewajiban pajaknya.

    Jika Ada pertanyaan lanjutan silahkan disampaikan kembali Bu, semoga membantu.

Leave a reply