Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Permisi, saya mau tanya. Ini kan sudah menjelang akhir tahun. Saya ingin menanyakan tentang SPT tahunan, itu formulir mana yang digunakan? Kemudian apa saja yang harus dilaporkan berhubung saya juga terbilang baru di bidang perpajakan? saya bekerja di perusahaan perbankan. tiap bulan saya bayar juga lapor pph 21, pph 4(2) bunga deposito, dan pph 4(2) atas omset. mohon pencerahannya

Comment ( 1 )

  1. November 18, 2016 at 2:24 am

    Jenis formulir SPT yang digunakan untuk orang pribadi disesuaikan dari jenis dan besaran penghasilan yang didapatkan rekan:
    1. Formulir SPT 1770 SS untuk wajib pajak karyawan/pekerja yang menerima bukti potong 1721 A1 atau A2 dari tempat yang bersangkutan bekerja, dan penghasilannya semata-mata dari satu pemberi kerja tersebut, dengan nilai bruto penghasilan tidak lebih dari 60juta dalam setahunnya.

    2. Formulir SPT 1770 S diperuntukkan bagi pekerja/karyawan dengan kriterima seperti disebut pada nomor satu, namun memiliki penghasilan bruto dalam setahun lebih dari 60juta.

    3. Formulir SPT 1770 bagi wajib pajak orang pribadi yang menjalankan pekerjaan bebas (non karyawan, profesi, usaha mandiri) atau bisa juga berstatus karyawan namun memiliki sumber penghasilan lain seperti menjalan usaha/pekerjaan bebas lainnya (sumber penghasilannya tidak semata-mata dari satu pemberi kerja).

Leave a reply