{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


SPT

Saya tki yang membeli rumah atas nama kakak saya karena saya tidak bisa berada di Indonesia dalam jangka waktu yang lama.
Pada pelaporan SPT terdahulu kakak saya tidak mencantumkan/memasukan dalam sptnya karena dia anggap bukan miliknya.
Pertanyaan saya, karena secara legalitas, pemilik rumah yang sah adalah kakak saya, apakah memungkinkan dalam pelaporan harta kekayaan kakak saya ada catatan bahwa rumah tersebut adalah hasil pinjaman dari saya? Terima kasih.

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


1 Answer

dalam konsepsi pajak, harta merupakan wujud akumulasi dari penghasilan (yang diperoleh penerima penghasilan, dalam kasus ini adalah Anda, bukan kakak Anda). Sehingga sekalipun secara de jure nama tercantum dalam dokumen kepemikan adalah kakak Anda, namun de facto pemilik harta tersebut Adalah Anda, dan dalam hal perpajakan, pengakuan atas harta tersebut semestinya adala dalam SPT yang Anda laporkan dan bukan di SPT Kakak Anda…

demikian rekan.

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up