Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

[Solved] Penyebab Nota Retur Pajak Riject : ETAXSERVICE 20016​: retur harus terdaftar di DJP

Sharing nih rekan-rekan. Beberapa waktu lalu ramai di sini soal rekan yang coba input dan upload nota retur di aplikasi e-faktur tapi saat diupload dihadapkan pada hasil ‘reject’. Saat blogwalking, eh nemu problem solvingnya kira-kira sebagai berikut.

Saat anda menginput Nota Retur atas yang saudara terima dari pembeli (anda selaku penjualnya), lalu anda upload namun nota retur tersebut reject dengan keterangan ETAXSERVIC 20016​: retur harus terdaftar di DJP. Hal ini biasanya disebabkan oleh Lawan transaksi menerbitkan nota retur tersebut belum meng-upload nota retur yang diterbitkannya. Jadi seharusnya tahapan penerbitan nota retur setelah berlakunya kebijakan e-faktur seharusnya melalui tahan sebagai berikut (secara garis besar):

1. Lawan transaksi Menebitkan nota retur PM atas Faktur yang diterima, upload sampai dengan approval Sukses

2. Penerbit Faktur Menginput Nota Retur yang diterima dari Lawan Transaksi, upload

Apabila Lawan Transaksi sudah mengupload Nota Retur PM nya, Pastikan kembali inputan retur PK yang diupload sesuai dengan apa yang diinput di sisi pembeli, di antaranya:

1. Nomor-Tanggal Faktur

2. Nomor-Tanggal Retur

3. Nilai DPP, PPN dan PPnBM

atas retur Faktur PK harus sama dengan Nilai Retur PM yang sudah diupload Lawan Transaksi Jika ada perbedaan atas 3 point tersebut, maka kemungkinan besar akan didapatkan hasil ‘reject’.

Comment ( 1 )

  1. October 1, 2015 at 7:48 am

    thx

Leave a reply