Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Perusahaan saudara saya bergperak di bidang distributor susu di solo. Suatu hari ada petugas pajak datang membawa tagihan Ppn yg cukup besar dan harus di bayar. Namun di faktur tersebut yg tertera bukan atas nama CV kami tapi atas nama CV org lain yang seolah di bebankan kepada kami. Kita sudah mendatangi kantor pajak di solo, namun mereka menyarankan untuk ke pusat jakarta. Pertnyaanya apa yg harus saya lakukan dan kepa da siapa saya harus menghadap masalah ini di jakarta terima kasih

Comment ( 1 )

  1. December 30, 2015 at 1:39 am

    Harus teliti rekan (waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan pajak ya…)

    1. Apakah perusahaan saudara sudah terdaftar sebagai wajib pajak di KPP Surakarta(ditandai denga kepemilikan NPWP)

    2. Jika belum terdaftar, abaikan tagihan tadi, dan Anda berhak curiga dengan petugas yang menyampaikan tagihan tersebut. Lalu saya sarankan Anda untuk segera mendaftarkan diri ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) dengan wilayah kerja termasuk dimana Saudara berdomisili agar Anda mendapat dapat memenuhi kewajiban pajak perusahaan Anda sebagaimana mestinya, dan dapat terhindar dari pungutan2 liar.

    3. Jika sudah terdaftar, sudah benar jika saudara mendatangi KPP tempat saudara terdaftar untuk mengklarifikasi hal ini. Namun saya ragu jika petugas di KPP tersebut justru menyarankan Anda untuk ke Jakarta, mestinya bisa melalui KPP tersebut dan seluruh kewajiban Anda bisa diselesaikan di sana.

    4. Setiap penagihan pajak harus didasari dengan produk hukum berupa Surat Ketatapan Pajak atau Surat Tagihan Pajak yang diterbitkan oleh KPP tempat Saudara terdaftar. Dan atas SKP atau SKP itu harus ada proses yang mendasari penerbitannya, misalkan untuk SKP harus ada proses pemeriksaan atau verifikasi sebelumnya, untuk STP biasanya KPP akan mengingatkan sebelumnya melalui himbauan persuasif dengan Surat Tertulis.

    Jadi sangat janggal jika tiba-tiba ada tagihan tanpa anda tahu/ada pemberitahuan ‘proses’ penerbitan tagihan tersebut dari KPP tempat Anda terdaftar. Dan Anda sangat tidak perlu ke Jakarta.

    Demikian rekan

Leave a reply