Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Soal pajak perusahaan

Selamat sore…Saya mau tanya, ada perusahaan temen (PT), berdiri sekitar tahun 2012. Nah selama ini perusahaan tsb pembukuan tentang penjualan, penghasilan, dll, tidak beres alias tidak tertib. Dari tahun 2012-2014 perusahaan tsb di pegang oleh kerabat (salah seorang keluarganya), jadi teman saya tsb tidak tahu menahu soal pembukuan dan pajak (berkas ntah kemana). Saat ini perusahaan tab sudah di pegang oleh teman saya…Pertanyaan saya… Bagaimana kita mau melaporkan pajak yang tahun 2012-2014? Karena pembukuan dan berkas2nya ntah kemana sekarang… Sementara, orang pajak sudah mengirimkan surat tagihan pajak…Mohon petunjuknya…terima kasih.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    April 27, 2016 at 1:01 am

    ketika pembukuan tidak ada, apakah dokumen transaksi juga tidak ada arsipnya?, dan atas setiap transaksi selalu menggunakan rekening koran perusahaan?

    Jika setidaknya ada transaksi yang terekam melalui rekening koran perusahaan dan/atau dokumen2 transaksi bisa menunjukkan transaksi2 yang terjadi dalam kurun waktu tersebut….maka silahkan benahi (semampu Anda) pembukuan atas transaksi perusahaan berdasar dokumen dan rekening yang Ada.

    Atau jalan terakhir jika memang tidak ada catatan maupun dokumen yang tersisa, maka kewajiban perusahaan tersebut akan dihitung secara official assesment oleh fiskus, melalui jalur pemeriksaan dengan memanfaatkan data2 transaksi yg terekam dalam administrasi pajak.

Leave a reply