Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

SKP/STP?

BB adalah Wajib Pajak yang mempunyai NPWP tahun 2010, hanya saja tahun 2011 sudah dihapuskan. BB tidak menyampaikan SPT Tahunan 2010, 2011, dan 2012. Hari ini DJP mempunyai data bahwa BB mempunyai penghasilan dengan PPh terutang untuk tahun 2011 Rp. 30 jt dan tahun 2012 Rp. 40 jt. Apakah terhadap BB dapat diterbitkan SKP dan/atau STP? BB bertanya kepada Anda apakah ia akan dikenakan sanksi jika membayar hari ini, jelaskan?

Comment ( 1 )

  1. January 5, 2016 at 3:19 am

    yang perlu diklarifikasi pertama adalah yang rekan maksudkan “dihapuskan” pada pertanyaan di atas apa ya? karena secara subjek tidak ada dasar NPWP BB untuk dihapuskan.

    Dan ketika kantor pelayanan pajak (KPP) mendapatkan data terkait penghasilan/transaksi dsb hal tersebut biasanya terkait dengan data keterdaftaran wajib pajak, yang biasanya terkait transaksi komersial yang melibatkan NPWP.

    Dalam hal benar BB memiliki penghasilan/transaksi sebagaimana disebutkan oleh KPP, maka silahkan penuhi kewajibannya dan laporkan melalui SPT masa dan/tahunan yang menjadi kewajibannya. Jika tidak maka pihak KPP berhak melakukan pemeriksaan dan menerbitkan SKP atas pokok pajak yang seharusnya terhutang, dan menerbitkan STP atas sanksi keterlambatan pemenuhan kewajiban pajak tersebut.

    sebelum tahun 2015 berakhir, BB masih bisa mengajukan pengurangan/penghapusan sanksi. Untuk saat ini (2016) kebijakan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Leave a reply