Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

selamat pagi,saya yoni

apabila perusahaan baru, kemudian pegawainya belum ada yang punya npwp, dan penghasilan masih dibawah ptkp bila disetahunkan, nah itu kan harus tetep lapor pph 21 walopun nihil. kemudian bagaimana untuk pembuatan npwp sebaiknya semua karyawan dibuatkan npwp apa tidak, nah jika dibuatkan apakah ada konsekuensi nantinya apabila ada beberapa karyawan yg sudah bekerja di beberapa tempat namun tidak lapor pajak dari dulu?

Comment ( 1 )

  1. January 29, 2017 at 6:37 am

    kewajiban pelaporan PPh 21 tetap wajib dilakukan oleh perusahaan sekalipun seluruh karyawan bergaji di bawah batas PTKP (katakan demikian).
    Jika ada keinginan dari perusahaan untuk mendaftarkan/menganjurkan seluruh karyawan ber-NPWP akan jauh lebih baik sebenarnya, untuk administrasi kewajiban pajak mereka di kemudian waktu.
    ___
    Masalah jika kemudian ada ketidakpatuhan dari beberapa individu karyawan akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya individu wajib pajak tersebut. TAnggung jawab perusahaan hanya sebatas kewajiban melalukan pemotongan PPh (jika ada karyawan dengan gaji melebihi batas PTKP), menyetorkan kewajiban tersebut serta melaporkanya dalam SPT PPh 21, serta menerbitkan bukti potong PPh 21 atas kegiatan pemotongan PPh tersebut.

Leave a reply