Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Selamat pagi. Saya memiliki sebuah CV yg didirikan tahun 2014, yg mana sejak saat itu sampai awal tahun 2017 ini belum digunakan untuk transaksi usaha apapun. Surat keterangan terdaftar sebagai wajib pajak sdh saya terima, tp karena tdk pernah dipakai transaksi, saya tdk pernah membayarkan pajak. Bulan Maret ini rencananya CV itu akan saya gunakan untuk transaksi usaha, namun calon rekanan menanyakan kelengkapan bukti pembayaran pajak dr CV tersebut. Bagaimana saya bs mendapatkan bukti pembayaran pajak sementara saya blm pernah membayar pajak dr CV itu? Apa yg harus saya lakukan? Terimakasih.

Comment ( 1 )

  1. March 17, 2017 at 1:20 am

    Pagi Rekan Samsul,

    Jika dari awal berdiri s.d. saat ini CV tersebut belum pernah melakukan transaksi sama sekali artinya juga CV tersebut belum memiliki kewajiban PPh badan (perusahaan) yang terutang, dan tentu tidak ada pembayaran pajak yang wajib dilakukan, artinya juga tidak ada bukti pembayaran yang terbit.
    ___
    Namun terkait kewajiban pelaporan, sekalipun pendapatan usahan CV tersebut “Nihil”, Anda tetap wajib melaporkan kewajiban SPT setidaknya kewajiban SPT Tahunan badan usaha tersebut.

    Dan sepertinya ini yang mitra transaksi Anda maksud.

    Karena melalui SPT Tahunan akan tercermin, berapa omset usaha (ada transaksi atau tidaknya) dan ada atau tidaknya kewajiban PPh terhutang pada perusahaan tersebut.
    ___
    Demikian semoga memberi pencerahan

Leave a reply