Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Saya sedang mengurus PKP. Oleh petugas pajak dikatakan bahwa kami yang membayar PPh atas sewa gedung kantor. Apabila dalam transaksi sewa tidak dicantumkan Pph dan hanya dicantumkan PPn, maka apakah Pph tersebut sudah termasuk dalam transaksi tersebut, karena kami tidak melakukan pemotongan senilai Pph atas trandaksi tersebut. Apabila sudah termasuk, tentu penerima uang sewa wajib membayar Pphnya, ataukan kami masih harus membayar Pph lagi di luar transaksi tersebut? Terimakasih.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    January 30, 2016 at 3:29 am

    dalam kasus demikian (sewa) yang dilakukan oleh badan hukum, seharusnya memang perusahaan saudara selaku penyewa wajib melakukan pemotongan PPh (atas penghasilan) sewa yang diterima oleh pemilik gedung. Dalam kasus ternyata Saudara belum melakukan pemotongan, maka ada beberapa alternatif:

    1. silahkan tagih atas kurang potong sebesar 10% dari nilai sewa kepada penerima penghasilan tersebut dan lakukan setor serta lapor sebagaimana mestinya.

    2. konfirmasikan kepada penerima sewa apakah mereka telah melakukan penyetoran sendiri PPh final atas sewa yang kurang dipotong tersebut, dan minta bukti setor serta lapornya

    3. Saudara menanggung PPh final tersebut karena kelalaian tidak menjalankan kewajiban pemotongan tersebut.

Leave a reply