{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Saya karyawan swasta dimana tiap bulan perusahaan saya membayarkan uang dplk ke suatu perusahaan asuransi. Saat ini dana di dplk asuransi saya sudah terkumpul sekitar 300juta. Sebentar lagi saya pensiun dimana berdasarkan hitungan pesangon sesuai UU saya akan terima pesangon total sekitar 700juta. Karena bank sudah membayarkan dplk saya tiap bulan ke asuransi dan terkumpul 300 juta dapatkah selisih uang pesangon saya yg 400 juta ditransfer secara penuh (tanpa dikenakan pajak pensiun progresif) ke perusahaan asuransi juga sehingga nantinya saya hanya akan dikenakan pajak final sebesar 5%? Terima kasih atas perhatian dan pencerahannya. Salam

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

Peraturan yang mengatur tata cara pemotongan Uang Pesangon, Uang Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara sekaligus adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.03/2010.
Dalam aturan tersebut diatur bila yg anda terima adalah Uang Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara sekaligus maka anda dikenakan PPh 21 Final sebesar 5% atas penghasilan bruto di atas Rp50 juta.
Bila yg anda terima Uang Pesangon yang dibayarkan secara sekaligus maka akan dikenai PPh 21 Final dengan tarif progresif dari 0% hingga 15%.
Dalam Pasal 8 diatur juga bahwa Dalam hal terjadi pengalihan Uang Manfaat Pensiun kepada perusahaan asuransi jiwa dengan cara Dana Pensiun membeli anuitas seumur hidup, Pegawai sebagai peserta dianggap telah menerima hak atas Uang Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara sekaligus.
Penentuan apakah yg anda terima itu uang pensiun / pesangon ditentukan oleh dokumen yg diterbitkan DPLK. Jadi kesimpulannya : anda dikenai tarif 5% atau progresif tergantung pada dokumen yg anda miliki/yg diterbitkan DPLK, jika dalam dokumen tersebut anda menerima uang pensiun maka dikenakan tarif 5%.
chat/add fb : https://www.facebook.com/widodo.eli.1

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up