Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

Comment ( 1 )

  1. June 6, 2017 at 1:16 am

    Peraturan yang mengatur tata cara pemotongan Uang Pesangon, Uang Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara sekaligus adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.03/2010.
    Dalam aturan tersebut diatur bila yg anda terima adalah Uang Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara sekaligus maka anda dikenakan PPh 21 Final sebesar 5% atas penghasilan bruto di atas Rp50 juta.
    Bila yg anda terima Uang Pesangon yang dibayarkan secara sekaligus maka akan dikenai PPh 21 Final dengan tarif progresif dari 0% hingga 15%.
    Dalam Pasal 8 diatur juga bahwa Dalam hal terjadi pengalihan Uang Manfaat Pensiun kepada perusahaan asuransi jiwa dengan cara Dana Pensiun membeli anuitas seumur hidup, Pegawai sebagai peserta dianggap telah menerima hak atas Uang Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara sekaligus.
    Penentuan apakah yg anda terima itu uang pensiun / pesangon ditentukan oleh dokumen yg diterbitkan DPLK. Jadi kesimpulannya : anda dikenai tarif 5% atau progresif tergantung pada dokumen yg anda miliki/yg diterbitkan DPLK, jika dalam dokumen tersebut anda menerima uang pensiun maka dikenakan tarif 5%.
    chat/add fb : https://www.facebook.com/widodo.eli.1

Leave a reply