Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Yth. Sy mau tanya. Ada rumah atas nama A sertifikat thn 1983 lalu dijual lewat thn 85 ke B. TH 96 runah tsb diganti an B,C,D (ada akta hibah). Pertanyaannya apakah perlu ikut tax amnesty ato tdk, soalnya ada info bhw harta sblm thn 85 tdk ikur TA.
kalau ikut TA bagaimana menentukan harga wajar rumah tsb? Berdasarkan apa? Kalau harga saat dibangun 10 juta thn 83, apa bisa diisi di form TA sebesar 10 jt juga?
Kasus lain, jika ada rumah dan ada akta jual beli dan di akta tsb nilai jual beli rumah 4 jt, apa bisa dimasukkan angkatsb ke TA? Jual beli thn 93.
trims. Mhn bantuannya

Comment ( 1 )

  1. August 28, 2016 at 2:04 pm

    Kuncinya, pemilik rumah (harta) terakhirlah yang seharusnya ikut serta dalam TA, jika memang atas aset tersebut belum dilaporkan pada SPT yang bersangkutan.
    __
    Meski rekan sebut tahun 83 dsb. kenyataannya kan rumah tersebut juga telah beralih hak s.d. terakhir rekan sebut di tahun 96 karena hibah kepada B C D, jadi B C dan D lah yang seharusnya men-declare aset tersebut dalam TA (jika memang aset tersebut belum dilaporkan dalam SPT-nya)
    __
    Soal nilai, sesuai UU TA, yang digunakan adalah nilai wajar (per akhr desember 2015) dengan membandingkannya menurut aset sejenis. Jadi UU TA tidak menyebutkan nilai perolehan ya…
    adapun nilai wajar diserahkan sepenuhnya menurut penilaian wajar menurut wajib pajak (full self assesment)
    ___
    Pertanyaan terakhir seharusnya bisa rekan simpulkan dari statement saya di atas…hakikatnya sama.

Leave a reply