Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

selamat pagi, beberapa hari yang lalu kita melakukan pencairan kontrak melalui SPM pihak ketiga.. trnyata pajak yang disetorkan salah, lebih setor pajak sekitar 200rb.. sehingga merugikan penyedia.. apakah itu bisa di ralat dan lebihnya itu bisa dikembalikan? mohon penjelasan

Comment ( 1 )

  1. August 1, 2017 at 7:21 am

    selama ini saya pribadi belum pernah mengetahui ada prosedur ralat SPM di KPPN. Yang ada adalah pengembalian kelebihan pembayaran pajak dari kantor pajak, tentunya syarat dan prosedur harus dipenuhi.
    Sekedar saran saja, solusi yang paling praktis menurut saya adalah pemindahbukuan. Silahkan mengajukan permohonan pemindahbukuan dari pembayaran anda sebesar 200rb ke jenis pajak yang akan anda bayar.
    kira2 ilustrasinya begini : anda memotong pajak sebesar 1,2 jt melalui SPM, ternyata kelebihan potong 200rb, maka anda dapat mengajukan permohonan pemindahbukuan sebesar 200rb ke jenis pajak lain, misalnya PPh 21 bulan september. Jadi nanti di bulan september sebelum membayar PPh 21, kurangi 200Rrb dulu, karena anda sudah punya bukti pemindahbukuan sebesar 200rb.

Leave a reply