wajibkah punya npwp

Question
320 views

saya akan menceritakan dulu dari awal, saya sudah berkeluarga dan mempunyai anak satu, saat ini saya membuka usaha rumah makan sebuah diruko dan tinggal disitu juga dengan cara menyewa/ kontrak, karena usaha saya sudah mulai berjalan dan sudah melewati ptkp, saya juga merasa berkewajiban membayar pajak dan saya juga berniat untuk memiliki tempat usaha tersebut dengan cara kpr melalui bank, dan salah satu syarat kpr adalah mempunyai npwp, yang ingin saya tanyakan:

  1. bagaimana cara membuat npwp? apa perlu siup, tdp atau surat keterangan usaha?
  2. bagaimana perhitungan pajak yang harus dibayarkan? sedangkan tempat usaha saja baru akan dicicil?
  3. bisakah meminta keringanan pajak? mengingat usaha saya baru berjalan, belum ada kepastian laba yang tetap setiap bulan?
  4. kalau sudah memiliki npwp dan membayar pajak apakah masih perlu untuk membuat npwpd (npwp daerah)?

besar harapan saya untuk jawaban dari pertanyaan dan ketidakfahaman saya mengenai pajak. atas tanggapan dan jawabannya saya sampaikan terima kasih.

salam.

About the Author

Thread Reply

  1. February 20, 2018 at 12:01 am

    Salam….

    bagaimana cara membuat npwp? apa perlu siup, tdp atau surat keterangan usaha? Anda bisa ke kantor pajak setempat di mana anda berdomisili dengan membawa identitas KTP dan mengisi form.
    bagaimana perhitungan pajak yang harus dibayarkan? sedangkan tempat usaha saja baru akan dicicil? Untuk jenis golongan usaha anda, bisa dikategorikan WP yang memiliki omzet peredaran usaha setahun di bawah 4,8 milyard dan anda berkewajiban perpajakan dengan acuan PP 46 (PPh final).
    bisakah meminta keringanan pajak? mengingat usaha saya baru berjalan, belum ada kepastian laba yang tetap setiap bulan? anda berhak menghitung sendiri sesuai dengan arus kas pendapatan dan pengeluaran.
    kalau sudah memiliki npwp dan membayar pajak apakah masih perlu untuk membuat npwpd (npwp daerah)? tidak perlu, rekan

Leave an answer