Punya NPWP tp penghasilan di bawah ptkp

Question
440 views

Selamat sore,

Mau tny, bgmna kalau punya NPWP tp penghasilan saya di bawah PTKP. Setahu saya harus ttep lapor spt tahunan, apakah benar? Kalau iya saya pakai form apa? 1770 ss kan harus ada bukti potong dari prshan sedangkan saya tdk dpt, kalau pake 1770 kan itu utk WP yg punya usaha.

Mohon solusinya, terima kasih.

About the Author

Thread Reply

  1. Got 2 Votes
    March 8, 2018 at 6:29 am

    Tetap wajib lapor, selanjutnya Anda bisa mengajukan permohonan Non Efektif. Formulir Permohonan Non Efektif bisa Anda dapatkan saat Anda melaporkan kewajiban SPT Tahunan. Setelah Proses permohonan Non Efektif dikabulkan oleh pihak Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar. Untuk tahun2 selanjutnya selama penghasilan Anda di bawah PTKP maka Anda tidak wajib melaporkan SPT Tahunan Anda.

    ___

    Bagi pemberi kerja, sekalipun karyawan memiliki penghasilan di bawah batas PTKP kewajiban mereka untuk tetap menerbitkan bukti potong. Atau jika Anda menemui kendala terkait hal ini, Anda bisa mengkonsultasikan ke Kantor Pajak tempat Anda terdaftar.

    ___

    Perlu rekan ketahui bahwa pelaporan menggunakan SPT 1770 SS tidak diwajibkan melampirkan bukti potong 1721-A1

    Best Answer
  2. March 9, 2018 at 2:09 am

    Selamat pagi Bpk Agung,

    Terima kasih jawabannya… NPWP didaftarkan oleh perusahaan sebelumnya, lalu saya pindah kerja. Di tempat kerja yang skg ini perusahaan saya tidak pernah menanyakan saya punya NPWP atau tidak.

    Jadi saya tetap lapor menggunakan SPT 1770 SS tanpa melampirkan bukti potong 1721-A1? Apakah begitu?

    Terima kasih.

    • March 9, 2018 at 6:51 am

      sementara bisa seperti itu (lapor dengan 1770 SS) melalui layanan e-filing.
      Ada baiknya juga rekan informasikan kepemilikan NPWP tersebut kepada perusahaan, terlepas penghasilan rekan yang masih di bawah PTKP.

Leave an answer