MOHON DI BANTU..

Question
301 views

Selamat Siang Semua,

saya mau tanya, ada kasus yang saya masih bingung.

Misalkan si A sudah memiliki NPWP sejak 2009, karena si A orang awam dan tidak mengerti pajak. belum pernah membayar pajak sekalipun sampai tahun 2017, dan pada tahun 2012 usaha si A ini sudah tidak berjalan lagi. dan istri si A yang membuka usaha toko di rumah akhirnya. bagaimana perlakuan pajak yang berlaku?

Mohon bantuannya. Terimakasih.

About the Author

Thread Reply

  1. February 11, 2018 at 1:10 pm

    Saya mau tanya:Didalam satu rumah terdapat beberapa wajib pajak dan salah satu wajib pajak tidak membayar pajak,sedangkan rumah bukan milik wajib pajak yang bermasalah tetapi milik orang lain.Apabila ada penyitaan dari juru sita pajak,apa rumah tersebut terkena imbasnya dari wajib pajak yg bermasalah tadi?padahal bukan rumah wajib pajak yang bermasalah.Mohon penjelasan nya.Trimakasih

    • February 13, 2018 at 1:48 am

      seharusnya tidak (bukan objek sita atas wajib pajak yang bermasalah tersebut). Dalam proses sita, juru sita tentu memperhatikan aspek legal kepemilikan aset yang akan disitanya..

  2. February 13, 2018 at 1:46 am

    Mengingat ketentuan daluarsa penetapan pajak adalah 5 tahun, maka kewajiban pajak yang bisa ditetapkan/ditagihkan kepada si A setidaknya mulai tahun pajak 2013. Terlepas usaha yang dijalankan masih aktif atau tidak (berpenghasilan/tidak), A tetap wajib melaporkan kondisi kewajiban pajaknya melalaui pelaporan SPT-nya.
    ___
    Adapun penghasilan yang diperoleh Istri, sepanjang tidak ada perjanjian pisah harta maka wajib dilaporkan juga di SPT suami.
    ___
    Untuk teknis penuangan perhitungan dalam SPT, saya menyarankan kunjungi KPP tempat terdaftar untuk mendapatkan panduan lebih lengkap.

    Best Answer

Leave an answer