Kurang mengerti mengenai PTKP

Question
228 views

assalamualaikum, selamat pagi..

saya mau nanya nih, soal perpajakan terkait Penghasilan Tidak Kena Pajak..

saya sudah punya NPWP, saya daftarkan usaha Warnet Saya,. Nah saya mau nanya nih, berdasarkan PTKP untuk WP Orang Pribadi itu kan sebesar 54.000.000.. Jadi selama penghasilan Warnet saya perbulan tidak melebihi 54.000.000 atau tidak lebih dari PTKP saya tidak perlu bayar pajak bulanan ? dan harus tetap wajib lapor STP tahunan ?

saya tahun 2017 kmren tiap bulan selalu bayar pajaknya, jika benar saya tidak perlu bayar pajak bulanan jadi gmna ya tuh yang sya bayar2in tahun 2017 kmren ?

terima kasih, mohon pencerahannya..

About the Author

Thread Reply

  1. March 12, 2018 at 1:13 am

    Perlu saya luruskan rekan, besaran PTKP 54juta tersebut adalah pengurang/batasan penghasilan yang tidak dikenakan pajak untuk satu tahun. Jadi bukan disandingkan dengan penghasilan per bulan rekan.
    ___
    Untuk bidang usaha yang rekan jalankan memang ada perlakuan khusus (khusus usaha yang termasuk UMKM), pengenaan tarif pajaknya sebesar 1% dari omset bruto (tiap bulannya) jika omset satu tahun pada tahun sebelumnya belum melebihi 4,8Milyar/tahun.
    ___
    Nah, ketika memenuhi kriteria wajib pajak UMKM (omset satu tahun sebelumnya tidak melebihi 4,8 Milyar) maka kewajiban rekan adalah menyetorkan kewajiban PPh 1% yang dihitung dari omset bruto setiap bulannya, wajib Anda setorkan maksimal setiap tanggal 15 bulan berikutnya.
    ___
    Kewajiban pelaporan SPT Tahunan tetap wajib Anda laporkan setiap tahunnya ya…
    ___
    Demikian, semoga membawa pencerahan

    Best Answer

Leave an answer