Bingung hitungan harta pas finas

Question
337 views

Saya seorang pegawai..status blm menikah. setiap tahun saya melapor spt berdasarkan form 1721 a2. Pada akhir tahun 2017 saya mendapat email ttg pas final terkait harta bersih shg saya bingung apa yg harus saya lakukan trkait email tsb. Yg menjadi masalah..pada sekitar thn 2013/2014 ortu membeli tanah diatas namakan saya. Tanah tersebut tidak saya laporkan dlm tax amnesty krn saya berpikir itu milik orang tua. Setelah saya bertanya kpd orang tua diberi tau bahwa pajak tanah masih atas nama penjual (tanah tersebut milik A, dipecah jd 2 dijual kepada ortu dan B)..hingga skrg pajak tanah belum dipisah antara ortu dan pembeli B. Namun setiap tahun pajak tanah selalu dibayar patungan.

Saya pernah konsultasi ke kantor pajak..menurut mereka harta yg belum dilaporkan dlm tax amnesty akan dikenakan tarif 30% dr nilai harta. Padahal tanah tersebut yg beli orang tua saya..masa saya yg harus bayar denda senilai itu. Tentu ini hal yg berat bagi saya maupun keluarga saya.

Yg saya bingung hitungan perolehan harta dimulai saat sertifikat jadi atau setelah pecah pajak tanah (pajak tanah atas nama saya/sesuai sertifikat terbaru)

Mohon penjelasan dan solusinya.

About the Author

Thread Reply

  1. January 5, 2018 at 1:10 pm

    Denda 30% x nilai tanah tersebut dikenakan bila harta tersebut ditemukan oleh DJP dan belum dilaporkan dalam SPT Tahunan. Jadi selama harta tersebut sudah dilaporkan di SPT Tahunan tidak akan dikenai denda 30% tadi.

    “Yg menjadi masalah..pada sekitar thn 2013/2014 ortu membeli tanah diatas namakan saya.”

    kalau memang ada dokumen yang membuktikan tanah tersebut atas nama anda segera saja laporkan pada SPT Tahunan sesuai tahun ketika tanah itu dibeli. Misal di beli di tahun 2013 maka silahkan laporkan SPT Tahunan Pembetulan untuk Tahun Pajak 2013.

    • January 5, 2018 at 10:05 pm

      Mohon penjelasannya pak :
      – apakah tanah tersebut tidak termasuk dalam kategori barang hibah (walaupun sejak awal diatas namakan saya) ?
      – apakah pembetulan spt dikenakan biaya?
      – apabila dilakukan pembetulan spt, apakah akan ada pengaruh secara selama ini pajak tanah msh atas nama penjual (belum dipecah) ?

      Terimakasih sebelumnya

Leave an answer