Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Mohon dibantu, Ibu saya punya NPWP di kota A 10 thn yg lalu akan tetapi tidak pernah lapor SPT dikarenakan ibu rumah tangga tidak berpenghasilan. Sekarang sudah pindah di kota B. Akan tetapotetapi NPWP masih tercatat di kota A. Rumah keluarga tercatat atas nama Ibu saya. Bagaimana perlakukan Tax Amnesty nya?Apakah perlu ikut tax amnesty? Perlu di ketahui Ibu saya skrg sudah tua dan tdk berpenghasilan. Demikian terima masih kasih atas bantuannya.

Comments ( 5 )

  1. September 18, 2016 at 3:24 am

    tidak wajib ikut TA, rekan…..kalau sempat ajukan NE saja untuk NPWP sang ibu…..

    • September 18, 2016 at 6:09 am

      Maksud nya NE apa ya?

    • September 18, 2016 at 6:13 am

      Apakah tidak ada kemungkinan di thn 2018 akan diperiksa kembali?

    • September 18, 2016 at 6:29 am

      Sorry maksudnya NE adalah Non Efektif ya.. Apakah tidak ada kemungkinan di thn 2018 akan diperiksa kembali?

  2. September 20, 2016 at 1:53 am

    TA memang merupakan pilihan rekan siska, dalam kondisi seperti ortu yang memang tidak berpenghasilan tersebut sesuai dengan Peraturan Dirjen Pajak no.11 termasuk yang sebenarnya “tidak perlu” ikut TA, namun konsekuensi ketika ber-NPWP maka kewajiban untuk melaporkan SPT (termasuk melaporkan harta yg dimiliki dalam SPT tersebut), sekalipun atas penghasilan maupun status pajak terhutang “Nihil”.

    Saran saya laporkan sekalipun nihil, untuk kondisi ortu yang demikian, tambahkan surat pernyataan bermaterai sebagai lampiran masing2 SPT, yang menyatakan bahwa di tahun tersebut ybs tidak berpenghasilan, dan silahkan laporkan SPT dengan formulir 1770, setidaknya untuk 5 tahun ke belakang.

    Adapun saran untuk mengajukan NE yang rekan hendra sarankan bisa, rekan siska tempuh, namun silahkan konsultasikan dulu dengan Account Representative (petugas konsultasi) di KPP tempat ortu terdaftar perihal hal ini. Jika terkendala waktu dan tempat, untuk lebih yakin, rekan dapat hubungi kring pajak di 1500200

    Perihal kekhawatiran dilakukannya pemeriksaan, ketika tidak memanfaatkan TA memang potensi untuk diminta klarifikasi s.d. pemeriksaan atas kewajiban pajak tahun 2015 masih terbuka, namun demikian saya rasa KPP juga punya skala prioritas, dan sepanjang Anda bisa mempertanggungjawabkan, saya rasa tidak perlu rekan khawatirkan hal tesebut.

    Demikian semoga membantu.

Leave a reply