{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


punya NPWP tapi tidak pernal lapor

salam sejahtera bagi semua member, sekiranya saya akan bertanya kepada member sekalian, dan mohon pengarahannya
kasusnya seperti ini :
tahun 2012 bulan 8, si A mendaftarkan diri ke kpp untuk mendapatkan npwp. si A statusnya mahasiswa sambil bantu2 di toko retail sodara.
tahun 2013 bulan mei, si A sudah lulus kuliah dan membuka toko retail di salah satu mal di jakarta.
tahun 2016 (sekarang) si A belum pernah sekalipun melaporkan SPT dari waktu buat tahun 2012 (masih mahasiswa) sampai sekarang yang masih menyewa toko untuk usaha.
pertanyaannya
1. si A mau mengurus pajak, pajak apa yang harus di urus si A? apakah pajak pribadi saja atau pajak retail?
2. sekiranya denda apa saja yang akan di dapatkan si A dan berapa besaran denda yg harus di bayar si A?
3. apakah denda2 dihapuskan juga seiring tax amnesti?
4. apa ada tahapan dan syarat2 tertentu dalam mengurus pajak?

usaha si A termasuk pedagang kecil yg hanya mengambil sedikit keuntungan dari hasil membeli sesuatu yg dipergunakan untuk menjual.

saya sangat memohon bantuan saudara sekalian, maafkan atas kebutaan saya akan pajak, dan semoga kalian bisa mencerahkan dan mengarahkan saya ke jalur yg baik. Tuhan memberkati kalian semua
Terima Kasih,

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

Salaam rekan,
untuk mulai menjawab, sebenarnya perlu informasi tambahan apakah usaha tersebut berbadan hukum (CV atau PT) atau atau atas nama orang pribadi. Dalam kasus rekan, saya berasumsi bahwa toko retail tersebut tidak berbadan hukum sendiri, namun atas nama pribadi. maka:

1. Dalam kasus usaha tersebut atas nama pribadi (tidak berbadan hukum) maka pelaporan atas penghasilan terkait usaha tersebut melekat (digabung) dengan kewajiban pelaporan pajak pemilik usaha tersebut (menggunakan NPWP pemilik usaha). Saat ini berlaku PPh (pajak penghasilan) dengan tarif 1% dari omset bruto bulanan, didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 46 tahun 2013, yang diberlakukan bagi pelaku usaha UMKM. Selain wajib memenuhi kewajiban PPh bulanan tersebut, di akhir tahun pajak rekan memiliki kewajiban melaporkan (rekap atas setoran PPh final tersebut) melalui penyampaian SPT Tahunan. Lebih detail terkait mekanisme penyetoran dan pengisian form laporan, rekan dapat datang ke kantor pajak terdaftar, silahkan temui rekan-rekan petugas Account Representative di bagian Konsultasi I untuk mendapatkan panduan/dibantu terkait penyetoran dan pelaporannya.

2. terkait sanksi tentu ada, idealnya dihitung tuntas setelah rekan juga melaporkan kewajiban rekan yang telah saya singgung di poin 1. sebagai contoh, atas keterlambatan pelaporan SPT Tahunan akan dikenakan sanksi sebesar 100ribu rupiah untuk keterlambatan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi.

3. Nah…pas banget moment-nya rekan, seluruh hutang pajak termasuk sanksi atas kewajiban pajak yang rekan belum laporkan waktu lalu bisa dihapus dengan pengajuan permohonan tax amnesty yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. untuk petunjuk langkah dan sarat pengajuan tax amnesty dapat rekan baca melalui leaflet yang telah kami share melalui link berkut:
http://blog.tanyajawabpajak.com/2016/07/langkah-syarat-permohonan-tax-amnesty.html

4. lebih jelas untuk nomor 4, rekan dapat hadir ke kantor pajak tempat rekan terdaftar dan silahkan temui petugas Account Representative untuk mendapat panduan, dan seluruh pelayanan yang diberikan oleh kantor pajak saat ini sudah sepenuhnya free…dengan layanan yang jauh lebih baik, jauh dari cerita-cerita lama yang sering kita denger deh pokoknya…

Buktiin aja rekan.

semoga membantu ya…

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up