Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Dear..CV kami sudah bekerja sama dengan astra sebagaai pihak peembeli jasaa untuk jasa pengurusan STNK dan BPKB mulai 25 Juli 2015CV kami PKP per 26 Juni 2015, dan berjaalan sampai sekarang tanggal 30 Septembrt 2015 sudah teerjadi 59 kali invoice. Karena kettidaktahuan kaami sebagaai PKP untuk memungut PPN,.. selama ini kami tidak memungut PPN dan tidak menerbitkan faktur pajak sebaagaimana kewajiban kami sebagai PKP. Yang jaddi pertanyaan kami, 1. Pembayaran invoice dilakukan tanggal 27 Juli 2015 continue sampai 30 september 2015,.. apakah kami dikenakan sanksi?2. Apakah tetap bisa kami tagihkan ke pihak astra selaaku pembeli jasaa kami ?3. Apakah yang terjadi bilaa Astra tidak bersedia membayar dengan alasan itu sudah terjadi 2 bulan yang lalu mengingat mereka sudahh menutup laapporan keuangan bulan laalu?

Comment ( 1 )

  1. October 1, 2015 at 5:13 am

    prinsipnya ketika Saudara sudah dikukuhkan sebagai PKP dan saudara melakukan penyerahan Barang Kena Pajak/Jasa Kena Pajak maka saudara wajib menerbitkan faktur pajak sebagai bukti pungutan PPN. Dalam kondisi demikian (atas penyerahan yang belum dibuatkan faktur pajaknya) saudara tetap wajib menerbitkan faktur pajak per tanggal saat pembuatan faktur pajak (saat ini) bukan ditanggali mundur. dan otomatis faktur tersebut dianggap terlambat diterbitkan, dan akan dikenai sanksi 2% dari DPP (dasar perhitungan pajak/nilai penyerahan jasa).

    Sudah menjadi kewajiban konsumen (astra) untuk menanggung beban PPN (yang meskipun terlambat dipungut ini). Jikapun mereka menolak, hal ini menjadi ranah perdata antara perusahaan saudara dengan konsumen, negara melalui KPP akan tetap menagihkan kewajiban PPN tersebut, dan khusus untuk PPN dikenal prinsip tanggung renteng.

Leave a reply