{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


ppn

Faktur pajak yg sdh diterima dari pkp selanjutnya menjadi pajak masukan dan pada masa spt dikreditkan sebagai pajak masukan dan sudah memenuhi syarat sebagai pajak masukan,sesuai uu no.18 thn 2000, jika nantinya dalam masa pemeriksaan jika ditemukan pajak masukan tersebut belum disetor oleh pkp yg mengeluarkan faktur pajak tersebut apakah pengkreditan pajak masukan tersebut tetap menjadi biaya dalam pajak masukan tersebut dan siapa yg bertanggungjawab secara hukum dalam hal tersebut.

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

2 Answers

Rekan Zoya,
Kantor saya juga pernah mengalami yang kurang lebih sama, bedanya Penjual sudah menyetor PPN yang kami bayarkan, tetapi tidak melaporkannya dalam SPT.
Alhasil kami kena koreksi saat ajukan restitusi. Walaupun kami bisa menunjukkan bukti transaksi seperti yang dikatakan rekan Agung, tetap pemeriksa mengatakan kami terkena tanggung renteng, karena mereka berdasarkan laporan SPT.
Dalam hal ini Anda sebagai pembeli harus ngotot saat dilakukan pemeriksaan (jangan pasrah2 aja), karena pengalaman kami, kami repot-repot meminta bukti setor dari penjual dan tetap teguh kami berhak mengkreditkan PPN (karena nilainya cukup besar).. hehe
reputasi perusahaan rekan juga akan dilihat, karena kami memang selalu tertib alhasil kami ditetapkan disetujui restitusi full.. bebas sanksi..

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


pertanyaan rekan terkait dengan tanggung renteng dalam pemenuhan kewajiban PPN.
Sepanjang pembeli bisa membuktikan bahwa PPN yang menjadi kewajiban pemungutan oleh penjual telah dibayarkan oleh pembeli kepada penjual…bisa dibuktikan dengan bukti transaksi misal: rekening koran dan bukti transaksi kompeten lainnya maka seharusnya PM tersebut tetap berhak dikreditkan.

Ulaan singkat mengenai tanggung renteng tersebut telah kami ringkaskan pada posting berikut:
http://blog.tanyajawabpajak.com/2016/04/tanggung-jawab-renteng-ppn.html

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up