Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Faktur pajak yg sdh diterima dari pkp selanjutnya menjadi pajak masukan dan pada masa spt dikreditkan sebagai pajak masukan dan sudah memenuhi syarat sebagai pajak masukan,sesuai uu no.18 thn 2000, jika nantinya dalam masa pemeriksaan jika ditemukan pajak masukan tersebut belum disetor oleh pkp yg mengeluarkan faktur pajak tersebut apakah pengkreditan pajak masukan tersebut tetap menjadi biaya dalam pajak masukan tersebut dan siapa yg bertanggungjawab secara hukum dalam hal tersebut.

Comments ( 4 )

  1. June 6, 2016 at 6:55 am

    pertanyaan rekan terkait dengan tanggung renteng dalam pemenuhan kewajiban PPN.
    Sepanjang pembeli bisa membuktikan bahwa PPN yang menjadi kewajiban pemungutan oleh penjual telah dibayarkan oleh pembeli kepada penjual…bisa dibuktikan dengan bukti transaksi misal: rekening koran dan bukti transaksi kompeten lainnya maka seharusnya PM tersebut tetap berhak dikreditkan.

    Ulaan singkat mengenai tanggung renteng tersebut telah kami ringkaskan pada posting berikut:
    http://blog.tanyajawabpajak.com/2016/04/tanggung-jawab-renteng-ppn.html

    • June 6, 2016 at 8:11 am

      Terima kasih rekan agung. Penjelasan sangat membantu kami

  2. June 6, 2016 at 7:44 am

    Rekan Zoya,
    Kantor saya juga pernah mengalami yang kurang lebih sama, bedanya Penjual sudah menyetor PPN yang kami bayarkan, tetapi tidak melaporkannya dalam SPT.
    Alhasil kami kena koreksi saat ajukan restitusi. Walaupun kami bisa menunjukkan bukti transaksi seperti yang dikatakan rekan Agung, tetap pemeriksa mengatakan kami terkena tanggung renteng, karena mereka berdasarkan laporan SPT.
    Dalam hal ini Anda sebagai pembeli harus ngotot saat dilakukan pemeriksaan (jangan pasrah2 aja), karena pengalaman kami, kami repot-repot meminta bukti setor dari penjual dan tetap teguh kami berhak mengkreditkan PPN (karena nilainya cukup besar).. hehe
    reputasi perusahaan rekan juga akan dilihat, karena kami memang selalu tertib alhasil kami ditetapkan disetujui restitusi full.. bebas sanksi..

    • June 6, 2016 at 8:04 am

      Terima kasih rekan agung dan Christy..penjelasan rekan sangat memberi gambaran yg jelas. Salam

Leave a reply