Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

pph psl 23 dibayar tahun 2015 atas invoice tahun 2013 ?

mohon info jika pph psl 23 dipotong atas invoice yang diterbitkan tahun 2013 dan di laporkan tahun 2015 apakah masih bisa ? bagaimana kedudukannya jika supplier tersebut ditagih ppn nya kembali ? sedangkan pada saat supplier memasukkan Invoicenya tahun 2013 tidak mangihkan PPN.

Comment ( 1 )

  1. January 22, 2016 at 1:34 am

    pemotongan PPh 23 atas transaksi tahun 2013, bisa saja, pihak pemotong tentu juga wajib melakukan pembetulan SPT Masa PPh 23 di masa dan tahun tersebut.

    untuk PPN, di tahun 2013 di semester pertama th 2013 menerapkan sistem nomor seri faktur pajak (NSFP) wajib berurutan dari awal tahun… mungkinkah dilakukan? jika mungkin, pihak penjual wajib melaporkan dalam SPT PPN pembetulan, dan FP tersebut dianggap sebagai FP terlambat diterbitkan yang akan dikenakan sanksi sebesar 2% dari Dasar Pengenaan Pajak (nilai transaksi).

    di Semester kedua NSFP sudah menggunakan NSFP baru yang diberikan oleh kantor pajak. atas sisa nomor yang tidak digunakan wajib dikembalikan ke KPP, dengan sistem ini saya yakin menyisipkan/menambahkan penerbitan FP tersebut tidak mungkin dilakukan, resikonya penjual dianggap tidak menerbitkan FP, kewajiban PPN-nya akan ditagihkan melalui penerbitan Surat Ketetapan Pajak dengan sanksi 2% dari DPP.

    Dari sisi pembeli/konsumen, lebih baik bagi Anda untuk tidak menerima FP/dipungut PPN sebelum Anda juga memastikan bahwa FP tersebut sah untuk dikreditkan

Leave a reply