Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

PPh Pribadi/Perorangan

Dear admin,

Mohon penjelasannya mengenai pengenaan pph pribadi/perorangan,
kami rencana ingin memulai usaha pribadi/perorangan non badan hukum yang bergerak di bidang property dan real estate, bagaimanakah pengenaan pajak bagi orang pribadi tsb? mohon penjelasan dan prosedurnya, trims before

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    June 3, 2016 at 1:24 am

    Selamat Pagi rekan…

    jika usaha pribadi yang rekan jalankan sepenuhnya merupkanan jual beli/penyerahan properti, maka kewajiban pajak yang timbul adalah Pajak Penghasilan Final Pasal 4 ayat 2 (sering disebut PPh 4(2)) dengan tarif 10% dari nilai bruto setiap penyerahan properti, dengan jatuh tempo penyetoran paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya sejak saat terhutangnya PPh atas transaksi jual beli tersebut. Dan batas waktu pelaporan SPT PPh 4(2) adalah paling lambat tanggal 20 bulan pajak berikutnya.

    Dalam hal Jika omset usaha rekan telah melebihi 4.8Milyar dalam satu tahun pajak, maka rekan wajib mendaftarkan diri untuk dikukuhkan sebagai PKP (pengusaha kena pajak) yang wajib memungut PPN dari konsumen, dari setiap transaksi dengan nilai 10% dari nilai penyerahan. Dengan batas waktu penyetoran dan pelaporan kewajiban PPN (SPT Masa PPN) adalah akhir bulan berikutnya dari masa pajak saat terutangnya PPN (saat transaksi).

    Terkait kewajiban SPT Tahunan, tentu formulir yang rekan wajib gunakan adalah form 1770. Dan jika seluruh penghasilan yang didapatkan adalah berasal dari transaksi penjualan properti yang telah dikenakan PPh Final tersebut maka Anda cukup mengkonfirmasi rekap total penjualan dan pembayaran pajak selama satu tahun dalam SPT 1770 tersebut tanpa kurang bayar tambahan karena seluruh transaksi telah dikenakan PPh yang bersifat final.

    Demikian, semoga membantu.

Leave a reply