Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

ada yang mengatakan bahwa pengelolaan gedung (service charge) yg terdiri dari pemeliharaan gedung, air, listrik, pengamanan termasuk cleaning service dikenakan pajak final pasal 4 ayat 2 sebesar 2% atau 3 % tergantung sertifikasinya karena gabung bersama sewa tanah dan bangunannya. kenapa tidak kena pph tidak final pasal 23 sebesar 2 % ?? mohon tanggapannya.

Comment ( 1 )

  1. December 5, 2014 at 9:56 am

    Nah…hal ini sudah seringkali terjadi.
    Jika memang dalam kontrak tidak dinyatakan jelas pemisahan antara nilai sewa dengan service charge yang komponennya terdiri dari biaya2 sebagaimana saudra sebutkan maka benar..ia akan dikenakan PPh Final atas sewa yang besar tarifnya adalah (justru) 10% dari nilai kontrak.

    Namun jika dalam kontrak dipisahkan secara tegas/jelas mana komponen nilai sewa dan mana komponen nilai service charge maka guna menegakkan azas keadilan dalam pemungutan pajak Fiskus juga harus memisahkan penerapan tarif antara sewa dengan service charge.

    Khusus untuk service charge pun harus dilihat kembali, apakah komponen service charge yang saudara sebut sebagai pemeliharaan gedung tersebut berwujud pemeliharaan fisik yang erat kaitannya dengan jasa konstruksi? jika iya maka sudah benar jika kemudian dikenakan PPh Final pasal 4(2) atas Jasa konstruksi sebesar 2,3 atau 4% sesuai sertifikasi SUJK.

    Namun jika komponen pemeliharaan yang saudara maksud adalah semacak kebersihan…dsb maka lebih adil jika pengenaannya adalah PPh pasal 23

Leave a reply