Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pak saya mau tanya apabila PT saya sudah membayar PPH 22 sebesar 55.000,000 tetapi yang saya catat di SPT Badan Tahunan hanya sebesar 35.000.000, lalu apa yang harus PT saya lakukan

Comments ( 2 )

  1. December 2, 2014 at 8:59 am

    Bro Sandi, PPh yang dimaksud PPh 22 Import?
    PPh 22 Import yang dilaporkan hanya 35.000.000, untuk menghidari lebih bayar kah? Pertanyaannya kurang jelas bro.

  2. December 3, 2014 at 8:48 am

    Saran saya laporkan apa adanya Pak Sandi, karena itu hak Wajib Pajak (kredit pajak yang telah ditunaikan di tahun berjalan berhak dikreditkan/diperhitungkan di SPT Tahunan) Jikapun kemudian terjadi lebih bayar…maka kewajiban negara untuk mengembalikan kewajiban tersebut.

    Namun dalam beberapa kasus (biasanya) pelaporan kredit pajak yang lebih kecil dari sebenarnya banyak dilakukan untuk menghindari lebih bayar (dari sisi Wajib Pajak). Namun dari sisi fiskus justru sebaliknya, akan timbul dugaan bahwa Wajib pajak menyembunyikan (kemungkinan) perhitungan omset lebih besar dengan kewajiban pajak lebih besar atau dugaan lainnya.

    Jadi saran saya jika sudah terlanjur memperhitungkan kredit pajak lebih kecil dari sebenarnya, maka Pak Sandi saya sarankan untuk melalukan pembetulan (SPT Pembetulan) dengan memperhitungkan kredit pajak apa adanya. Jikapun terjadi lebih bayar yang kemudian diikuti dengan pemeriksaan pajak maka tidak perlu takut jika memang selama ini Perusahaan Bapak telah memenuhi kewajiban perpajakan sebagaimana mestinya.

Leave a reply