Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya ingin melakukan oper kontrak sewa (melanjutkan sewa gedung) dari Penyewa Pertama. Penyewa Pertama telah menanggung biaya PPH sewa. Jika saya jadi melakukan oper kontrak sewa gedung tersebut, apakah saya harus membayar PPH sewa lagi. Catatan : karena ada kesepakatan PPH sewa dibayar oleh Penyewa.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    October 27, 2016 at 5:17 am

    terkait kesepakatan bahwa pph sewa ditanggung penyewa…itu menjadi hak perdata dua pihak yang melakukan transaksi sewa-menyewa. Namun prinsipnya, sesuai ketentuan pajak dalah hal penyewa merupakan wajib potong pajak maka ia wajib menerbitkan bukti potong PPh final atas persewaan tersebut dengan mencantumkan nama pihak penerima penghasilan (kompensasi) atas sewa/oper sewa tersebut, serta melaporkannya melalui SPT PPh pasal 4 ayat 2.

    Dalam hal penyewa bukan wajib potong PPh maka Anda tetap wajib menyetorkan sendiri kewajiban PPh 4(2) atas sewa tersebut, terlepas sebenarnya uang yang digunakan untuk memenuhi kewajiban tersebut berasal (diperhitungkan) dalam jumlah nilai sewa yang dibayarkan oleh penyewa.

Leave a reply