Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

selamat siang ,perusahaan saya menyewa alat (Scaffolding)kepada CV .A dan CV A tersebut mempunyai surat pengukuhan pengusaha kena pajak dengan KLU : Kontruksi sipil dan bangunan lainnya YTDL dan kewajiban pajaknya adalah PPn ,pertanyaan saya adalah berapa potongan yang harus perusahaan saya potong 2% atau 4%?
-Terimakasih-

Comment ( 1 )

  1. September 22, 2014 at 7:22 am

    Saya coba menjawab Pertanyaan saudara dengan berasumsi bahwa perusahaan saudara hanya menyewa alat Scaffolding tersebut kepada CV A (tanpa menggunakan jasa–konstruksi–juga dari mereka). Jika demikian maka unsur perpajakan yang timbul atas transaksi tersebut adalah CV A menerbitkan Faktur Pajak dan memungut PPN sebesar 10% atas nilai penyerahan (atas sewa alat berat) tersebut terhadap perusahaan Saudara.

    Dan sebaliknya, perusahaan Saudara memotong PPh pasal 23 atas sewa penggunaan harta tersebut sebesar 2% dari nilai transaksi.

    Akan berbeda halnya jika dalam kontrak yang perusahaan Saudara sepakati dengan CV A termasuk didalamnya unsur penyerahan jasa konstruksi sesuai dengan KLU CV A, maka pengenaan pajaknya menjadi PPh final atas jasa konstruksi sebesar 2% atau 3 % atau 4% disesuaikan dengan sertifikasi kualifikasi usaha mereka (lihat Serfikat Usaha Jasa Konstruksinya). 2% untuk kualifikasi kecil, 3% untuk kuaifikasi sedang-besar, dan 4% jika mereka tidak memiliki SUJK

Leave a reply