Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya baru mulai bekerja di organisasi tidak termasuk subjek Pph, yang tidak bisa melakukan pemotongan pajak. Bagaimana cara membayar pajaknya. Bulanan atau tahunan? apakah bila memilih pembayaran bulanan harus dilaporkan tiap bulan? atau bisa di bayarkan langsung setahun. Penjelasan dari kpp satu dan lain berbeda, jadi bingung. Terima kasih banyak

Comment ( 1 )

  1. August 18, 2016 at 9:56 am

    Dalam kondisi demikian, dan untuk memudahkan perhitungan kewajiban pajaknya Saudara, saya berpendapat dilakukan perhitungan dan penyetoran kewajiban pajak secara tahunan dahulu (istilah yang seringkali dipakai adalah perhitungan PPh Pasal 29). Setelah nanti, anda melalui tahun (sebut saja tahun pertama) tersebut, Anda bisa mengangsur kewajiban Anda untuk tahun berikutnya dengan cara menghitung 1/12 x PPh tahun sebelumnya, sehingga diharapkan Anda tidak diberatkan dengan kewajiban menyetorkan kewajiban PPh secara setahun sekaligus.
    ___
    Angsuran PPh tiap bulan inilah yang seringkali diistilahkan dengan angsuran PPh Pasal 25, yang dibayar secara bulanan (tiap bulan)
    ___
    Demikian, semoga membantu.

Leave a reply