Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Karena saya masih terlalu awam mengenai pajak, bagaimana cara menyampaikan spt pph 21 tahunan pribadi yg sudah lewat? dan bagaimana jika tidak ada bukti pemotongan dari pihak pemotong. Mohon bantuannya, terima kasih

Comments ( 2 )

  1. March 10, 2015 at 8:16 am

    maaf sebelumnya bahwa SPT PPh 21 itu kebanyakan adalah kewajiban wajib pajak badan kecuali wajib pajak pribadi usahawan yang memiliki beberapa karyawan dan ditunjuk sebagai pemotong PPh 21 yang dibuktikan dari Surat Keterangan Terdaftar dengan kewajiban yang sudah tertera disitu.

    Mungkin yang dimaksud adalah SPT Tahunan pribadi dengan menerima bukti potong dari kantor tempat anda bekerja berupa bukti potong 1721A1.

    Jika sudah terima bukti potong 1721A1 tersebut pastikan apakah penghasilan bruto anda diatas 60 juta setahun atau tidak. Jika diatas 60 juta setahun maka formulir SPT Tahunan yang digunakan adalah 1770S dengan mengisi daftar harta dan hutang pribadi. Apabila dibawah 60juta setahun maka formulir SPT Tahunannya pakai kode yang 1770SS.

    Jika demikian, isikan saja dengan mengikuti yang tertera dibukti potong 1721A1 tersebut dan mengisikan total harta dan total hutang pada akhir tahun yang dimaksud.

    Demikian jawaban saya.

  2. March 10, 2015 at 8:22 am

    Untuk keterlambatan penyampaian SPT Tahunan, akan dikenakan denda sebesar 100 ribu dan akan ditagihkan melalui STP (Surat Tagihan Pajak) yang rinciannya akan tertera disurat tersebut.
    Namun jangan dibayarkan terlebih dahulu kalau belum terima STP karena ada yang harus diisikan atas STP tersebut untuk diisikan di kolom bawah Surat Setoran Pajak.

Leave a reply