Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya mau tanya pak/ibu. perusahaan saya baru berdiri Februari 2015 tetapi blm beroperasi punya 3 karyawan yang sudah bekerja sejak desember 2014 dengan gaji masing masing 3,5 juta.Perusahaan saya belum PKP dan belum pernah potong pph 21. Yang saya tanyakan 1. Seharusnya kapan saya mulai potong dan lapor pph 21 tersebut2. Dikarenakan sekarang sudah pertengahan tahun, jika saya seharusnya pot dan lapor pph, bagaimana untuk bulan2 sebelumnyaterima kasih

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    June 18, 2015 at 2:43 pm

    Kewajiban pemotongan PPh 21 tersebut sesuai ketentuan dimulai saat ibu mulai mempekerjakan karyawan tersebut. Saya berasumsi demikian, karyawan mulai bekerja di Desember..terima gaji di Januari, maka saat pembayaran gaji tersebut ibu sudah wajib melakukan pemotongan PPh 21. Hal ini terlepas apakah saat pemotongan di bulan januari dan Februari tersebut kondisi ibu selaku pemotong masih Wajib Pajak Orang Pribadi (karena Perusahaan sesuai yang ibu sampaikan baru berdiri Februari 2015).

    Dalam kondisi sekarang yang sudah di pertengahan tahun, Ibu tetap bisa melakukan pemotongan dan melaporkan atas kewajiban pemotongan masa-masa terdahulu, meskipun nantinya dianggap terlambat setor dan lapor.

Leave a reply