Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Yth Para Ahli,

Mohon pencerahan mengenai masalah yang saya hadapi. Saya seorang agen penjualan asuransi perorangan, dimana komisi adalah penghasilan tidak tetap saya. Yang saya ingin tanyakan apakah seorang agen individu berhak dipotong pajak pertambahan nilai (Ppn) sedangkan dia telah di potong pajak penghasilan (Pph 21) secara progresif. Perusahaan yang saya pasarkan adalah Asuransi BUMN.. Sekali lagi mohon pencerahannya. Karena saya merasa di potong hak nya dengan kebijakan perusahaan ini.

Salam,

Echi

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    February 19, 2014 at 5:11 am

    Dalam kasus Ibu memperoleh penghasilan berupa komisi (untuk jasa agensi penawaran produk-produk asuransi) dan dilakukan pemotongan PPh 21 adalah benar adanya…dan ini merupakan kewajiban penerima penghasilan (ibu) yang dilakukan pemotongannya oleh pemberi kerja/perusahaan selaku kepanjangan tangan negara.

    Namun atas PPN, yang menjadi penanggung beban PPN adalah konsumen. Dalam kasus Ibu, yang berkedudukan sebagai konsumen/penanggung PPN adalah Perusahaan (sebab mereka merupakan penikmat jasa yang ibu lakukan). Pun demikian harus ada syarat terpenuhi atas timbulnya kewajiban PPN ini, yaitu penyerah Barang/Jasa sudah terlebih dahulu dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) oleh Kantor Pajak.

    Namun jika dalam hal ibu belum dikukuhkan sebagai PKP, maka sejatinya tidak ada kewajiban PPN atas jasa yang ibu lakukan (sebagi agensi asuransi tersebut).

    Jika Ibu rasa kurang dengan penjelasan saya ini, saya sarankan Ibu untuk menemui Account Representative di seksi Pengawasan & Konsultasi di KPP tempat ibu terdaftar.

    Namun kira-kira penjelasannya akan sama seperti yang telah saya sebutkan.

Leave a reply