Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

salam.. selamat pagi. mohon petunjuknya. sebelumnya perkenalkan kami adalah perusahaan non PKP yang br berdiri tahun 2014, perusahaan kami bergerak dibidang penyulingan minyak cengkeh, belum lama ini kami menerima order dari perusahaan ber-PKP, pertanyaan kami bagaimanakah kami harus bertansaksi dengan perusahaan PKP. apakah perusahaan non PKP bisa membuat faktur pajak.

Comments ( 2 )

  1. naufalaziz
    May 28, 2015 at 5:59 am

    Non PKP sama sekali tidak diperkenankan menerbitkan Faktur Pajak, jika tetap dilakukan juga maka FP tersebut dianggap menjadi FP tidak sah. Dalam aspek transaksinya jika mitra transaksi Saudara berkenan dengan transaksi tanpa penerbitan FP maka silahkan lanjutkan.

    Namun jika lawan transaksi tersebut minta dibuatkan FP maka tidak ada jalan lain, selain Saudar (perusahaan saudara) mengajukan diri untuk dikukuhkan sebagai PKP, dan konsekuensinya setelah dikukuhkan sebagai PKP maka setiap transaksi penjulan yang saudara lakukan harus disertai dengan penerbitan (pemungutan) PPN.

  2. June 10, 2016 at 3:22 am

    Wah gimana nih nasib perusahaan kecil gua yang baru merintis?? sementara client rata-rata harus pakai FP, Masa sih ga ada cara lain? Harusnya kan Perpajakan memberikan solusi bagi yang belum PKP. Harusnya ni pemerintah ikat dan awasi pengusaha2 besar untuk membayar pajak. Ini yang ada sebaliknya, pengusaha besar buanf duit keluar negeri sehingga pajaknya kecil, pengusaha kecil pajaknya besar. Tanya Kenapa???

Leave a reply