Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

suatu perusahaan PT.X membeli SPBU dan beroperasi baru 2 bulan. selain BBM, SPBU ini menjual oli juga. apakah SPBU ini harus mengeluarkan faktur pajak untuk penjualan oli tersebut?

Comments ( 2 )

  1. July 2, 2015 at 12:21 pm

    bisa kirim email lebih detail apa yg diminta?

  2. July 3, 2015 at 1:14 am

    Pagi kawan
    Jika SPBU tersebut hanya menjua bahan bakar (BBM) maka pajak yg terutang (PPh 22 dan PPN) telah dipungut oleh Pertamina pada saat penebusan DO…

    Namun ketika SPBu tersebut menjual oli sebagaimana yang Anda maksud, kita perlu lihat apakah bentuk penyerahannya retail yang didominasi penyerahan kepada konsumen akhir, jika iya, maka Anda diperkenankan menerbitkan dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak, diantaranya adalah cash register atau nota penjualan (lihat ketentuan yang mengatur mengenai dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak), dan pelaporan atas penyerahan ini adalah digunggung.

    Namun jika terdapat penyerahan kepada non end user, yang berkepentingan mengkreditkan pajak masukan, maka anda harus menerbitkan Faktur Pajak (standar) yang diatur melalui Peraturan Direktur jenderal Pajak nomor Per-24 tahun 2012 serta perubahannya.

    Jika masih ada yang kurang jelas, kita diskusikan lebih lanjut di sini kawan…kita sama2 belajar.

Leave a reply